03 Desember, 2008

Bupati Yance Terima Penghargaan Gubernur

INDRAMAYU-Memasuki akhir tahun 2008 ini, Bupati Indramayu H Irianto MS Syafiuddin (Yance) kembali meraih penghargaan. Penghargaan terbaru yang diterima Bupati Yance diberikan langsung oleh Gubernur Jawa Barat, H Ahmad Heryawan Lc saat Temu Kerja PPK IPM di Sabuga-Bandung, kemarin (2/12).
Orang nomor satu Jabar itu memberikan penghargaan kepada Yance atas dukungan dan komitmen tertinggi dalam peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di wilayah kerjanya.
Acara temu kerja PPK IPM Summit dihadiri Ketua DPRD Jabar AM Ruslan dan sejumlah bupati dan walikota yang memperoleh dana PPK IPM. Pada kesempatan itu pula digelar pameran keberhasilan PPK IPM dari kabupaten/kota dan beberapa SKPD yang terkait dengan peningkatan IPM. Seperti Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Peternakan, Dinas Tarkim, Dinas Perikanan, BPLHD dan dari Perum Perhutani.
Dalam sambutannya, Gubernur Heryawan mengatakan, kompetisi dan desentralisasi merupakan dua strategi kebijakan yang sangat krusial dalam menjamin kesuksesan misi pencapaian IPM 80 tahun 2010. Kompetisi dan desentralisasi itulah yang menjadi strategi dasar Program Pendanaan Kompetisi Peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (PPK-IPM) Jawa Barat.
“Akselerasi dalam pencapaian kesejahteraan masyarakat Jawa Barat tersebut disadari untuk menyiapkan diri dalam mengantisipasi dampak globalisasi di Indonesia. Kecenderuangan historis yang menunjukan bahwa terdapat banyak kendala yang dihadapi daerah dalam merealisasikan pencapaian IPM. Untuk itu Pemerintah Provinsi Jawa Barat berupaya memaksimumkan berbagai upaya untuk meningkatkan kinerja semua sector layanan publik sehingga berkinerja optimal serta meningkatkan kerjasama dan partisipasi nyata dari masyarakat, swasta, perguruan tinggi, atau lembaga pendidikan setempat, untuk keberhasilan pencapaian IPM 80 di tahun 2010,” jelas Heryawan.
Usai menerima penghargaan, Bupati Yance mengungkapkan rasa syukur dan terimakasih kepada seluruh komponen masyarakat Indramayu. Karena prestasi yang diraihnya itu tak lepas dari adanya dukungan positif berbagai elemen masyarakat terhadap suksesnya program peningkatan IPM.
“Penghargaan ini menjadi bukti keberhasilan peningkatan IPM Indramayu di tingkat Jabar. Dengan prestasi ini, kami semakin terpacu untuk terus mensukseskan peningkatan IPM dan terwujudnya Indramayu yang religius, maju, mandiri dan sejahtera (remaja),” jelasnya.
Yance menambahkan, penetapan target pencapaian IPM sebesar 80 pada tahun 2010 sebagai salah satu indikator makro keberhasilan pencapaian Visi Jawa Barat, perlu ditunjang dengan keberhasilan peningkatan IPM di tingkat kabupaten/kota.
“Misi untuk meningkatkan kualitas sumberdaya manusia tersebut, dari sisi pemerintah daerah akan ditempuh melalui pelaksanaan fungsi pelayanan yang berorientasi pada terciptanya keadilan, fungsi pemberdayaan yang berorientasi pada pembentukan kemandirian dan fungsi pembangunan yang berorientasi pada peningkatan kesejahteraan masyarakat. Fungsi pelayanan, pemberdayaan dan pembangunan tersebut hanya dapat dijalankan dan dicapai jika organisasi pemerintah sendiri berlangsung mekanisme sistem manajemen yang efektif, efisien dan inovatif,” jelasnya (Mapunk)

Tidak ada komentar: